liburan semester 1 2010 ala 13

keta prada '13 2010

KETA .. KETA .. KETA ..
Apa yang pertama kali terpikir setelah mendengar kata “KETA”???
KEMAH CINTA ? KEMAH DERITA ? KEMAH PETAKA ? hmm .. SALAH BESAR !!
KETA atau KEMAH WISATA adalah salah satu kegiatan rutin setahun sekali yang dilakukan oleh keluarga Prada. Yang tentunya sangat menyenangkan untuk diikuti.

Aku ikut acara ini karena aku pengen ngisi waktu liburanku dengan bermain bersama temen-temen. Pengen lebih deket sama temen-temen yang udah jadi keluargaku sekarang . . . Sebenernya kemah ini udah diadain tahun baru kemaren, tapi aku baru sempet aja tuch ngeposting nya . . .

Oke! Diawali di H-1, di hari itu, kita ngumpulin alat – alat yang akan kita pakai dan butuhkan ketika kita kemah. Di situ kita, angkatan 2013 bersama angkatan 2012, menyiapkan segala sesuatu untuk persiapan besoknya…

Hari yang ditunggu pun tiba, di saat orang – orang sedang bermalas – malasan dengan bantal dan gulingnya, di saat orang – orang sedang menikmati hangatnya selimut, kita bersiap – siap menyiapkan barang – barang yang digunakan saat KETA dan berangkat ke SMADA tercinta di puagi suekali. Tepatnya sekitar pukul 05.30 kita sudah harus kumpul. Yang namanya orang Indonesia asli yang baik, selalu melakukan budaya yang sangat baik sekali, yaitu jam karet !! teman – teman lumayan banyak yang datang agak terlambat walaupun gak terlambat – terlambat banget..

Yak, terus, ada apel pagi dan doa bersama sebelum berangkat yang dibinai oleh kakak pembina kita terhormat, Kak Bambang. Kemudian, kita bergotong royong membawa barang – barang yang berada di sanggar.

Dan akhirnya BERANGKAT !! *jengjengjeng* dengan mengendarai bus ‘PABRIK GULA MRICAN’ tercinta, bernyanyi bersama, memandangi keadaan luar, pemandangan sawah yang hijau menyejukkan hati, dan membuat kami tertidur pulas satu persatu.

Beberapa jam kemudian, ntah berapa jam perjalanan Smada Kediri-Madiun, akhirnya sampailah kita di tempat yang kita tuju, yap ! Waduk Kali Bening… we’re coming !! yeeaaah ..

Waktunya PENDIRIAN TENDA !! yeyeyeyeaahhh .. bahu membahu, gotong royong, tolmenol antar sesama. Di sini angkatan 2013, di sana angkatan 2012. Yeah ! kita semua mendirikan tenda bersama sama. Setelah selesai pendirian tenda, ada waktu yang agak panjang untuk beristirahat. Yap ! kita makan siang dengan bekal yang kita bawa dari rumah, bermain ayunan, roda hamster, ngobrol, melepas lelah lah pokoknya.

Waktu istirahat habis, waktunya GAMES !! yeayeayeayeaahhhngeeekk.. dengan dipandu oleh kakak angkatan 2012 yang saya lupa siapa saja itu, yang hanya saya ingat hanyalah kak Nisa dan kak Salma, dan entah itu benar atau salah -_-” . di acara games kali ini, kita dibagi jadi 4 kelompok, kekompakan dan kerjasama yang baik adalah kunci keberhasilan dari games ini. Dan akhir dari games ini menumbuhkan rasa saling percaya dan kekompakan yang bertambah baik (saya rasa).

Selepas games, ada materi dan soal problem solving dari kakak2 angkatan 2012. Di babak problem solving saat itu, kita dibagi menjadi 3 kelompok dimana kita harus cepat menjawab dan menjelaskan dengan logika. Yak, semakin ramai dan saling berebut menjawab adalah hal yang lucu dengan wajah – wajah mereka yang sangat berambisi maju dan menjelaskan ke depan.

—pematerian dan problem solving kelar ! ada games lagi. Seru. Seru. Seru! Waktupun sudah sore. waktunya bersih – bersih diri. Waktu itu saya meragu untuk mandi sedangkan sebagian teman – teman saya mandi. Dan akhirnya, saya dengan beberapa teman saya memutuskan untuk …*jengjengjeng* TIDAK MANDI !! hahaha . kata salah satu teman saya, “kita benar – benar anak pramuka sejati !”. walaupun begitu, untuk menghindari rasa yang tidak dikehendaki, kita mempunyai antisipasi. Berikut tips buat kalian yang gamau mandi, tapi tetep eksis:
1. Bersihkan wajah dan beberapa bagian tubuh yang bisa dijangkauSemprot badan anda dengan parfum ato minyak nyong – nyong apalah itu. Kalo kaga bawa, bisa minta temen lah. Hehe
2. Modal utama = PD ! pokoknya jangan ngliatin ke orang – orang kalo kamu belum mandi ! dijamin kaga bakal ada yang tau.

Oke, balik ke topik. Maaf, saya khilaf. Karena sudah menyeleweng ke mana – mana. Hmm .. terus kita ada banyak waktu kosong untuk mengakrabkan diri satu sama lain walaupun sudah akrab sekali dan persiapan untuk pensi. Yaps. Malam itu ada acara api unggun yang diisi dengan pensi dari kita dan temu alumni. Yeah ! uhuyy ! namun, ada sedikit kendala waktu itu, GELAP ! GELAP ! GELAP ! OO .. TIDAK ! yaps . waktu itu jenset belum dinyalakan. Dan saat itu juga, hujan mengguyur buper kita. Berteduh. Berteduh. Berteduh. Selang beberapa puluh menit kemudian, jenset pun nyala dan lampu pun menyala ! yeah. HABIS GELAP TERBITLAH TERANG banget.

Hujan tetap mengguyur sampai makan malam. Sejujurnya dari hati yang paling dalam, kita merasa senang saat hujan turun, karena … *jengjungjong* ada kesempatan untuk tidak pensi. Hehe . yaah, itu dikarenakan kita belum siap. Tapi ternyata semesta gak sependapat sama kita. HUJAN REDA ! owowowowo. Pensi pun tetap berjalan. Bernyanyi bersama. Alunan gitar yang terpetik membuyarkan sepinya malam itu. Sharing bersama alumni memberikan gelak tawa untuk kita semua. Dan tau nda apa yang dilakukan alumni kepadaku?? Aku disuruh nyanyi dengan suara cemprengku ini . . Penurunan image begini ni =,= . . Dan hari pertama KETA 2010 pun diakhiri di malam itu dengan tawa, canda, gembira, dan lelah. Dan di malam itu kita tidur di tenda, berbagi tempat dengan 9 orang teman lainnya. Dingin merasuk dan gigitan nyamuk tak menjadi masalah.

Hari kedua KETA 2010. Di shubuh yang masih banyak embun, udara yang sangat sejuk, kita dibangunkan oleh kakak2 angkatan 2012.

Setelah menjalankan sholat shubuh, kita dipandu untuk olahraga pagi oleh kakak2nya. Berlari kecil dan berjalan mengelilingi daerah kali bening cukup menjadi pemanasan di hari kedua. Kemudian, ada waktu untuk membuat sarapan. Diiringi petikan gitar oleh Mahagnyana, semua membantu dalam hal ini. Saat itu kita menanak nasi dan membuat mie. Tapi ternyata harapan untuk memakan sesuap nasi pun pupus. Nasinya kaga matang – matang. Dan akhirnya, kita makan mie saja . yap. Nasib – nasib.

Setelah sarapan pagi, kita melakukan penjelajahan dimana kita dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4 anggota. Di penjelajahan ini, terdapat banyak pos dan di setiap pos ada tugas yang harus dilakukan. Dan ada satu hal yang cukup menjebak di saat penjelajahan, saat melakukan perjalanan menuju pos 5 yang tempatnya menurut saya sedikit tersembunyi, ada pertigaan yang menjebak . Kelaparan, kehausan, kita meraung – raung, menangis sejadi – jadinya. Oh maaf. Saya lebai. Kenyataannya tak seperti keadaan itu. Itu hanya fiktif belaka. Oke! Balik ke topik. Ketua kelompok saya, Fernanda, dengan pe-de nya jalan dan berbelok dan akhirnya membawa kita tersesat. Kelompok belakangku yang diketuai Arif ngikut-ngikut nyasar. Salah sendiri napa kok maen ngikut aja. Untung dah ketemu sama bapak-bapak yang ngasih tau kita jalan yang dilewati temen-temen tadi . . Dan akhirnya kita tidak jadi tersesat. Yeah! Kita selamat! Untung ada bepak-bapaknya. Jadi melting (apa hubungannya). Ups! Oke. Maaf. Saya khilaf lagi. Dan sampailah kita di pos 5 dimana kita harus membuat hasta karya. Yipyipyip. Dan akhirnya kita berhasil. Melanjutkan perjalanan kembali. Untuk mencapai ‘the top of the tebing’, yang saat itu kita berada di bawah, dan jalan raya berada diatas tebing, kita harus bersusah payah naik ke atas, rasa lelah, payah, lemah, lunglai menjadi satu. Namun untuk mencapai itu semua, dengan semangat, tekat, dan usaha untuk mencapai ‘the top of the tebing’, akhirnya kita berhasil. Yeeaaahhh! Sampai di ‘the top of tebing’ kita photo-photo dengan wajah kumus-kumus. . . Ya inilah wajah Pramuka sejati

aku (jilbab coklat) dan teman2ku :*

Di pos 6 kita mengamalkan Tri Satya Penegak yaitu ‘…ikut serta membangun masyarakat…’ dan kita pun berhasil. Saatnya BATTLE YEL ! YOO… persaingan yang sangat sengit antar kelompok, hampir ada tawuran antar anggota, saling berteriak antar anggota. Dan pada akhirnya kelompok ku lah yang dihadiahi dengan yel terunik dengan lirik “yel ku nggak jadi-jadi”. Kita bener-bener jadi trendsetter waktu itu. . Hahahaha… di acara ini image-ku turun drastis. Ah, nggak mikir image lawong sama keluarga sendiri.

Setelah seharian berjelajah ke sana kemari, terpontang panting, akhirnya ada banyak waktu luang untuk istirahat, bersih diri, dan makan siang. Dan di siang itu kita gak mandi lagi. Wkowkowko. Hanya dengan basuhan muka dan membersihkan secukupnya.

Hari mulai sore, sekitar jam setengah tiga, ada kegiatan games lagi loo… dengan badan yang pegal – pegal, linu, encok,asam urat, dan teman – temannya itu, kita tetap semangat ! gelak canda tawa menjadi satu. Tapi hal yang patut disyukuri adalah kelompok saya tidak jadi kalah dan kami terselamatkan dari LOSER!!! Alhamdulillah . . ^_^

Setelah itu, ada vacuum of time lagi. Kita bersih – bersih diri dan bercerita bersama. Menceritakan pengalaman saat penjelajahan yang menimbulkan gelak canda yang menggelegar. Dan di sore itu, akhirnya saya mandi dengan keramas. Segar! Dan mungkin inilah yang pertama dan terakhir kita membersihkan diri seperti itu saat KETA. Dan yang benar saja, itu memang yang terakhir. Yang penting fresh !

Malam pun tiba, acara yang dinantikan telah datang !! nonton bareng final piala AFF 2010.. yeah . uwouwouwo. Kita merasa kesal dengan pemain nasional Indonesia yang tak bisa membobol gawang Malaysia dan akhirnya membuat saya dan beberapa teman saya mengantuk. Dan di saat kita sedang terkantuk – kantuk, gelegar teriakan “GOOOOLLL!!” mengagetkan kita. Dan ternyata Indonesia berhasil membobol gawang Malaysia. Saya yang terkaget hanya bisa melongo dan tertidur lagi. Dan di malam itu, Malaysia lah pemenangnya. Nonton bareng langsung BUBAR !! balik ke tenda dan tidur ! yeah. Di malam kedua ini, persiapan sebelum lebih matang dari hari pertama. Tak lupa pake autan, training panjang! Yaps. Malam itu tidur dengan tenang. Dan rasanya sudah mulai nyaman tidur di tenda.

Yeah. Akhirnya hari ketiga KETA 2010 telah dimulai.. di shubuh yang sejuk seperti biasa, melakukan olahraga pagi, dan bersih – bersih diri.. ntah kenapa di hari terakhir ini kegiatannya tak seperti biasa. Banyak vacuum of time yang membuat kita bisa bebas melakukan apa saja. Setelah itu, waktunya perobohan tenda dan pembersihan lingkungan. Tak lupa fhoto bersama. Dan ternyata kakak2nya mengerti apa yang kita inginkan, kita diberi waktu untuk berfoto bersama membuat kenang – kenangan KETA 2010 yang indah dan mungkin yang tak terlupakan.

senyum Keta ^^

aku (jilbab) dan temanku bermain ayunan

Sekitar jam 10 siang, kita keluar dari kawasan Waduk Kali Bening, menyusuri jalan yang kita lewati selama ini, melewati rute penjelajahan kita. Mengenang dua hari yang kita lewati. Hidup dengan sederhana, mensyukuri apa yang ada, kebersamaan, pertemanan, dan persaudaraan yang erat yang kita rasakan bersama. Teman yang tlah jadi keluarga. . Liburan yang penuh cerita. Banyak arti tentang Keta. Mungkin salah satunya adalah Kemah Penuh Cerita. . ^_^

One thought on “liburan semester 1 2010 ala 13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s