Surabaya Oh Surabaya

perjalanan jauh, sendiri, tanpa orang tua, kakak, saudara, orang yang lebih tua, pertama kali saya alami. tepatnya Sabtu, 5 November 2011, saya pergi ke surabaya bersama teman saya, Intan, untuk ikut TM Industrial Challenge di Univ. Widya Mandala Surabaya. keputusan untuk pergi tanpa didampingi pun telah bulat seminggu sebelum keberangkatan. ^_^

Kediri-Surabaya

pukul 6 kurang sedikit, saya membeli tiket jurusan Kediri-Surabaya. karena Intan belum datang, saya membelikan dia karcis sekalian. jadi saya beli 2, harganya @Rp5500. murah sekali😀 . tak lama kemudian sicunguk intan dateng sama adek.nya yang kriwil-kriwil😀 . menunggu sekitar 20-an menit, kereta datang. kami pun segera naik dan mencari tempat duduk yang paling nyaman. alhamdulillah dapet tempat duduk ber-view indah😀 . sawah-sawah hijau membentang luas. inilah hal yang paling saya sukai kalau naik kereta, bisa lihat sawah-sawah dan petani-petaninya. . . ah, serasa naik kereta ke Hogwarts😀 ckckckck. perjalanan pun diwarnai oleh suara-suara pedagang asongan. tertarik sih beli tahu asin tapi saya puasa😀 . sedikit tergoda😀 . melihat mereka meneriakkan dagangan mereka, saya sempat bersyukur dalam hati, alhamdulillah saya dan keluarga saya tak harus seperti itu hanya untuk mendapatkan selembar uang🙂 .

kenikmatan perjalanan sempat terusik oleh datangnya petugas kereta dan 2 mbak mbak. petugas itu menanyakan karcis saya. saya serahkan karcis saya dan tak ada pikiran apa-apa. tiba-tiba petugas itu mempersilahkan saya dan intan untuk pindah tempat. lho, kenapa? ternyata saya duduk di tempat 2 mbak mbak tadi. pikiran saya, kereta kelas ekonomi tak ada aturan untuk tempat duduk. belakangan saya tahu, aturan baru untuk kelas ekonomi berlaku per 1 oktober kalau ngga november (lupa😀 ) kemarin. yah, dengan agak kecewa, saya dan intan beranjak dan mencari tempat duduk kami. eh, sialnya kita, tempat duduknya di tempatin 2 bapak bapak yang lagi tidur. ngga tega menggusur, kami pun mencari tempat duduk digerbong lain. alhamdulillah ada tempat duduk kosong untuk berdua. view nya tidak sebagus tempat kami semula, tapi tak apalah, daripada berdiri😀 .

lagi-lagi kenikmatan saya berada di kereta terganggu. ada yang merokok. argh, saya paling benci bau asap rokok. selain baunya yang emang bener-bener ngga enak banget, asapnya bisa ngrusak paru-paruku😦 . ah, sudahlah, namanya juga kereta ekonomi. tiba-tiba ada 2 laki-laki duduk di tempat kami. mengganggu banget. sempet saya berpikir aneh-aneh. memang, saya tak pernah ato sulit berhusnudzon kepada orang yang belum saya kenal. segala komat kamit doa saya ucapkan dalam hati. saya melihat intan, sepertinya dia juga terganggu dengan keberadaan bapak-bapak itu tadi. berkali-kali kami diajak ngobrol, tapi kami menjawab singkat-singkat. argh, mengganggu sekali.

tiba-tiba ponsel saya berdering. ibuk saya sms. beliau khawatir dengan saya. saya cuman tersenyum, inikah perasaan seorang ibu yang ditinggal anaknya tanpa pendamping? dengan hampir menitikkan air mata saya membalas kurang lebih seperti ini, “Ibuk ndag usah khawatir ya. lak ibuk khawatir, akunya juga bingung🙂 doakan saja semua lancar.” . Oh, ibukku😀 jadi kangen tiba-tiba😀 . tak lama kemudian, ponselku kembali berdering, mbak telephon. dia meyakinkanku supaya dijemput sama calon suaminya di stasiun GUbeng. saya menolaknya. bukannya sombong saya bisa sendiri tanpa bantuan siapapun, tapi saya hanya ingin belajar seandainya saya memang harus bisa sendiri tanpa siapapun. saya tidak ingin merepotkan siapapun dalam urusan saya. saya tidak ingin menyusahkan mereka. mbak tetap ngotot, saya membalasnya dengan nada tinggi. karena dengan begitulah saya bisa meyakinkan dia. akhirnya dia mengalah. menyesal sebenarnya saya bicara nada tinggi ke dia. tapi harus bagaimana lagi. saya sayang dia. setelah telephon, ntah tiba-tiba sudah sampai di Gubeng. saya ketiduran😀 .

Surabaya

turun di stasiun Gubeng baru, saya dan intan bingung. mau kemana ini kita?😀 . both of us buta surabaya semua😀 . akhirnya kami mencoba tanya seorang satpam. ID cardnya tertulis Bank BNI. beliau mengarahkan kami untuk naik angkot T2 lalu turun di jalan kalijudan, tujuan kami. keluar dari area stasiun, kami langsung menemukan angkot yang dimaksud.
perjalanan gubeng-kalijudan, saya catat di ponsel saya. maklumlah, ingatan saya parah😀. hanya buat jaga-jaga biar ntar balik ngga kesasar😀 . ini dia rutenya :

– stasiun Gubeng belok kiri ke jalan Mayjen Prof. Dr. Mustopo. di jalan ini terdapat FKG Unair. saya ingat, saya pernah ke sana untuk lomba😀
– angkot belok kiri ke jalan kedung sruko lalu terus ke jalan pasar keling. intan cerita kalau rumah saudaranya di sini.
– angkot belok kanan ke jalan kalasan lalu belok kanan lagi ke jalan jolotundo.
– untuk ketiga kalinya belok kanan ke jalan tambang boyo. di daerah sini sungainya parah banget. udah ngga pantes disebut sungai.
– setelah itu belok kiri kejalan pacar kembang dan lanjut sampai jalan kali kepiting yang banyak kambing-kambingnya.
– alhamdulillah, sampai deh di jalan kalijudan😀

satkhas di jalan kalijudan

karena angkot ngga masuk ke jalan kalijudan, terpaksa kami turun dan menyusuri jalan kalijudan. kurang lebih 500 meter untuk sampai di tempat tujuan, Univ. Widya Mandala. mengingat kami adalah SATKHASER😀 , tak ada alasan untuk menyerah dalam penaklukan jalan kalijudan😀. toh, cuman 500 meter😀 jauh kebih kecil. haahhaha.

akhirnya sampai di depan kampus. kami dihadang (baca: ditanya) oleh satpam. lalu kami diantar ke tujuan kami. kami dibawa ke TU sebagai tamu. ih, banyak singkek-singkek di sana😀 enak deh cuci mata😀 astagfirullah :d hahaha. tak lama kemudian, ketua panitia IC, datang. kami mendaftar dan dia mengingatkan kami untuk datang TM pukul 2 siang. trus, ngapain aja ni kita nunggu jam 2? padahal saat itu masih jam 10.30 ? =,=
yah, kita putuskan utnuk membunuh waktu sampai dzuhur di warnet. mata pun mencari-cari tulisan “net” setelah kami kelar dari kompleks kampus. aha, itu dia. warnet ada di depan kami. widih, buat masuk ke warnet aja kayak di film-film horor. tangganya serem-serem dan tempatnya pun serem juga. sudahlah kita nikmati tempat ini😀

kalijudan

waktu dzuhur tiba. saat nya sujud. pergi ke baitullah dan segera menghadap untuk sujud kepadaNya. abis itu tepar😀 . utnung bisa bangun sebelum jam 2😀 . kami ke UMW (Univ. Widya Mandala, red) lagi. kedatangan kami disambut mbak singkek😀 hehehe. dimasukkan (kayak apa aj😀 ) ke ruang TM. widdiihh, yang ikut pada sipit-sipit semua. saya dan intan hanya berkomunikasi lewat secarik kertas. entah, lebih nyaman ajja daripada lisan😀 . di sini kami merasa beda banget😀. ah, masa bodoh😀 hhahaha…
sekitar satu jam kemudian, TM pun berakhir. nah, bingung lagi, gimana ni baliknya😀. ah, dengan segala sisa-sisa pikiran, kami memutuskan untuk naik becak. cuman 15 ribu. murah banget😀 kalau di Kediri mintak 20 ribu itu😀

cerita pak becak…

diperjalanan, pak becak bercerita kepada kami. kurang lebih seperti ini intinya :
– istrinya sudah meninggal
– beliau orang jember dan istrinya orang nganjuk
– beliau tidak punya keturunan
– pernah difitnah orang cina memperkosa, padahal tidak sama sekali
– mengingatkan kami agar hati-hati dengan orang madura. entah kenapa.
– dan yang lain saya kurang begitu jelas.

percakapan berhenti ketika kami sampai di Gubeng. bapak becak itu berpesan kepada kami untuk hati-hati. entah, saya merasa dekat dengan orang itu. beliau begitu perhatian kepada kami.

Tiket abis😦

sialnya sore itu. loket penjualan tiket kereta jurusan ke kediri habis terjual. argh, mana itu kereta terakhir juga😦 trus mau kemana ini kita? aku sempat punya ide untuk ke bungur asih saja, pulang naik bis. tapi gubeng-bungur jauh sekali😦 . sempat juga terpikir menghubungi calon kakak saya itu, namun saya urungkan. intan pun juga tak kalah bingung. dia mencoba menghubungi ibunya. alhamdulillah, Allah mengijinkan kita kembali pulang😀 kami pulang dengan bantuan Om Agus, Omnya intan😀. umh, selundupan sebenarnya😀 kami membeli tiket tanpa tempat duduk . ah, tak apalah yang penting pulaaang😀. sebelum naik kereta, om agus membelikan kami masing0masing sepotong roti dan aqua untuk berbuka puasa😀 senangnyaa… argh, setelah di kereta, saya bingung mau sholat. saya belum sholat ashar😦 kobodohan yang sangat besar😦 bisa bisanya saya meninggalkan kewajiban😦. saya mencoba menghubungi teman saya bagaimana solusinya, namun buntu.😦 saya memohon ampun selama dikereta😦 . perjalanan berlangsung tanpa ada hal yang istimewa.

pecel kertosono

kereta berhenti di beberapa stasiun. entah berapa stasiun yang disinggahi. saking banyaknya, saya tak bisa menghitungnya. perjalanan terasa sangat lama. mengatasi kejenuhan, saya menonton TV lewat ponsel saya. ah, sial, tak ada jaringan. zonk deh -,- . sudahlah. saya kembali menikmati pemandangan di luar. alhamdulillah, langit mulai gelap. saya kembali mengutak-atik ponsel untuk menyalakan radio. hanya satu tujuan, mendengarkan adzan😀 . beberapa menit berselang, adzan magrib pun menggema di ponsel. dengan spontan, saya dan intan segera membuka aqua botol dan roti yang dibelikan om agus di stasiun tadi. lumayan mengganjal perut😀 . sebenarnya kepingin beli nasi, tapi kami sudah bertekad untuk beli nasi pecel di stasiun kertosono. katanya sih enak, tapi ya ngga taulah.
stasiun jombang, akhirnya sampailah di stasiun kertosono. saya dan intan masih udur-udur an (ngga tau bahasa indonesianya. semacam berdebat) siapa yang dikereta dan siapa yang membeli. karena saya takut apabila salah satu dari kami turun sendiri, kami putuskan untuk turun bersama dan menitipkan tempat duduk kami pada mbak yang duduk berhadapan dengan kami.
dengan agak tergesa-gesa (karna takut ditinggal kereta) kami berlari menuju tempat jualan pecel. biyuh, antri banyak banget. was-was ni pikiran. gimana kalo ditinggal kereta? bisa matikutu di kertosono😀 . alhamdulillah, nasi pecel udah berada ditangan kami. bergegas dengan lari-lari kecil, kami menuju gerbong kereta. huaa, trompet kereta udah bunyi. alhamdulillah, udah di atas😀 . sedetik aja terlambat, kita ngga bisa pulang lagi😦 . menikmati pecel di dalam kereta sangat mengasyikkan. sungguh, pengalaman yang ingin saya ulang lagi.😀 .

welcome to the Kediri ^_^

memasuki daerah kediri, tepatnya hampir sampai di stasiun purwoasri, tiba-tiba kami dihampiri cewek berkerudung. dia mengucapkan salam kepada kami dan mengajak kami bersalaman. otakku seolah membuka halaman-halaman lalu, umh, pernah liat orang ini. dia mengajak kami mengobrol bak teman lama. beberapa menit kemudian, saya teringat, ternyata dia almuni TMA (Takmir Masjid Al Anwar, salah satu organisasi yang aku ikuti). namanya mbak riska. kami mengobrol tentang sekolah, kuliahnya, masjid Al Anwar, sampai rencana kami meneruskan sekolah. mbak riska hafal benar saya ingin kuliah di mana. mbak riska memberiku semacam petuah. jikalau benar-benar saya ingin masuk STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) , saya harus siap-siap untuk :
1. tidak makan bakso, mie, soto, dan sejenisnya
2. mengurangi makanan yang berbahan vetsin
3. mengurangi konsumsi telur, terutama telur puyuh (karena kolesterolnya tinggi)
4. perbanyak minum air putih
5. latihan fisik, lari keliling lapangan secara rutin

wiuh, banyak banget. mbak riska bilang, 50% lebih peserta gagal dalam uji kesehatan atau tes fisik. karena sekarang teknologi untuk tes fisik menggunakan komputerisasi. jadi lebih canggih dan detail. wihi, pengorbanan dimulai dari sekarang😀 . pasti deh betty BISA !!!😀
obrolan kami terpaksa di putus karena mbak riska harus turun di stasiun papar. yaha, tinggal saya dan intan yang mengobrol sendiri. ngomongi soal organisasi, hingga orang yang saya suka ^^ . ah, benar-benar kepingin traveling sendiri lagi😀 . saya senaaang ^^ .
stasiun terakhir yang kami singgahi adalah stasiun susuhan. tak lama berselang, intan menyadarkan saya akan bangunan bercahaya yang sangat indah. menyadari itu adalah sasana krida gudang garam (gedung pertemuan pabrik rokok terbesar di kediri), saya tersadar, kami telah sampai di tanah kelahiran . siap-siap untuk turun, kami berpamitan dengan mbak yang duduk berhadapan dengan kami. turun dari kereta, sesunging senyuman dari ibuk dan tangan yang berisyaratkan ‘selamat datang’ dari bapak seolah menyambut kedatangan kami🙂 . bahagia banget hari itu. semoga jadi awal baik untuk kemandirian dan perjuangan saya untuk meraih apa yang saya inginkan ^^ .

CAYO BETTY!!! YOU CAN DO EVERYTHING AS YOU WISH😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s