9 Tips Mengatasi Rasa Malas Belajar di Rumah

Belajar adalah kewajiban setiap siswa. ya, orangtua selalu mengatakan seperti itu kepada anak-anaknya. namun, apakah para siswa jaman sekarang tetap membudayakan belajar? hhhm,, sepertinya harus tanya pada diri-masing-masing.

jadwal sekolah yang padat (seperti sekolah saya), membuat siswa sepertinya agak malas untuk sekedar membuka buku di rumah (saya juga termasuk. heheheπŸ˜€ ). namun, sebagai generasi penerus, hal ini bukan menjadi alasan untuk kita bermalas-malas. negara menunggu kita untuk berprestasi. mungkin tips dari saya dapat membantu teman-teman untuk mengatasi rasa malas belajar di rumah dan menggugah semangat Anda belajar ^^. cekidot :

1. Mandilah sepulang sekolah. hal ini dapat menyegarkan pikiran dan badan sehingga otak terasa segar dan badan terasa bugar untuk menerima materi-materi.
2. Wudlu sangat penting untuk menghilangkan rasa ngantuk yang mengganggu semangat belajar.
3. Belajar sambil mendengarkan musik bisa mengurangi rasa ngantuk saat belajar. usahakan jenis musik klasik yang menggugah. musik jenis ini mampu membangkitkan semangat belajar terutama saat belajar pelajaran matematika, fisika, dll.
4. Tidurlah terlebih dahulu apabila lelah memang benar-benar sedang mengahajarmu. pasang alarm untuk bangun di dini hari.
5. Rapikanlah ruang belajarmu. selain tak sedap dipandang , ruang belajar yang berantakan akan membuat mood belajar pun menurun.
6. Matikan handphone . kebanyakan siswa (termasuk saya ^^ ) malas belajar akibat berhadapan dengan handphone. entah itu membalas SMS ataupun telpon dengan teman.
7. Buat catatan yang menarik. misalnya dengan memberi warna-warna atau gambar-gambar di catatan. lebih bagus lagi, buat bagan-bagan materi pelajaran sehingga lebih cepat paham daripada disusun menjadi kata per kata lalu kalimat per kalimat.
8. Baca-bacalah catatan pelajaran hari ini sebelum beranjak ke pelajaran hari esok.
9. Terakhir, namun sangat PENTING, pasang target-target yang INGIN ANDA CAPAI di tempat strategis. Misalnya : saya ingin masuk STAN, saya ingin masuk FE UI Akuntansi, saya ingin lulus NUN tertinggi se-Jawa Timur. secara tidak langsung akan memotivasi Anda untuk terus belajar dan melupakan rasa lelah.

semoga bermanfaat dan selamat mencoba ^^
copyright by Betty Puspita ^^

2 thoughts on “9 Tips Mengatasi Rasa Malas Belajar di Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s