Masih Tetap Jawa dan Muslimah

mungkin aku engga perlu introduction terlalu banyak. Langsung to the point dan emang sebenarnya beginilah aku.

 

Sebelumnya, aku seorang suku Jawa asli, tepatnya tipe jawa timur yang terkesan tidak sehalus orang Yogyakarta atau Jawa Tengah. Tapi, percayalah, aku lahir dan dibesarkan di Jawa Timur yang masih halus, sebut saja Kediri. Hehehe.

Aku seorang muslimah dan aku bangga dengan identitasku. Aku tak malu dengan jilbabku, aku tak malu dengan rokku, gamisku, yang mungkin dianggap kuno dan ngga bisa stylish istilahnya. Ya emang, simple banget dan kenapa harus berpakain serta berdandan ribet. Wasting time.

 

Okay, aku kali ini hanya ingin mengutarakan beberapa hal yang agaknya masih kurang bisa diterima oleh keluargaku (terutama yang sepuh sepuh). Tapi untung ibu bapakku sudah lumayan rasional dan agamis artinya mulai memikirkan adakah larangan di agama atau tidak.

As we know, Jawa banyak banget budaya, ritual, dan kesenian. Tak terkecuali di daerahku yang kemudian mendarah daging di dalam keluargaku. Ada banyak mitos di Jawa, tafsir ala Jawa, dan sebagainya yang tak banyak aku ketahui, setidaknya pengetahuanmu tentang mitos dan ritual Jawa masih kalah jauh dari sesepuh keluargaku.

Sebagai muslim, sebagai anak muda, aku kadang terkesan membantah adanya ritual maupun mitos tafsir dan apalah itu. Terkadang juga aku berdebat tanpa mengurangi rasa hormatku kepada beliau-beliau. Bukannya aku tidak mau membudayakan, melestarikan budaya Jawa, tapi karena kebanyakan dari ritual dan mitos itu bertentangan dengan ajaran agamaku, ajaran Islam. Kita tahu, Islam di Indonesia pada awal masuknya emang istilahnya mencampur budaya Jawa kuno. Antum tau, animism dan dinamisme masih ada di Jawa.

Aku dengan rendah hati meminta maaf. Bukan maksud aku sebagai seorang Jawa asli untuk tidak melestarikan budaya leluhur. Insyaa Allah aku akan melestarikannya asal tidak ada yang bertentangan dengan ajaran agamaku.

 

Aku tetap seorang Jawa dan aku tetap seorang muslimah.

Leave a Reply

